LOMBOK ISLAND

Posted: November 11, 2007 in arkananta outdoors, arung jeram, company gathering, eco tourism, info, lombok, paintball, RAFTING

Pulau Lombok

Sejarah

Tercatat masyarakat Lombok pernah memiliki kerajaan kecil Sasak, dimana sebagaian kehidupannya bertani dan memeluk agama animisme. Suku asli Sasak percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari daratan India atau Myanmar .
Pada awal abad 17 pengaruh kekuasaan dari Kerajaan Bali di Karang Asem sangat berpengaruh di Lombok bagian barat, mereka bisa hidup berdampingan secara harmonis , kehidupan bercampur dengan kawin antar suku bali dan lombok sudah menjadi hal yang biasa pada waktu itu. Suku Sasak di wilayah barat pun juga sudah terbiasa menggunakan irigasi khas Bali yaitu Subak pada jaman itu.
Pada saat yang sama di abad 17 tersebut pengaruh dari kerajaan Makasar begitu kuat di Lombok bagian timur dan pulau Sumbawa . Agama Islam dengan mulusnya disebarkan oleh para pedagang dari pulau Sulawesi tersebut, namun Suku Sasak terlihat tidak memiliki hubungan sebaik wilayah Lombok barat.

Trekking
Disebelah utara sekitar 85 km dari kota Mataram, ibu kota pulau Lombok , menjulang tinggi Gunung tertinggi no 2. di Indonesia yaitu Gunung Rinjani yang telah di jadikan Taman Nasional seluas 51.500 Ha dengan tinggi 3.726 m. Dimana Suku Sasak dan masyarakat Bali sekarang ini masih percaya bahwa Gunung Rinjani adalah tempat yang sacral dan di keramatkan, dan mereka juga percaya bahwa di puncaknya di huni oleh Dewa Dewa mereka.
Diketinggian 2000 meter diatas permukaan laut di atas gunung tersebut membentang Kawah yang berupa danau sering disebut dengan danau Segara Anak memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan dengan ditengahnya nampak Gunung baru yang sangat aktif

Bagi anda yang tidak suka mendaki , menjelajahi desa Senaru yang di huni oleh masyarakat asli suku Sasak di wilayah utara pulau Lombok di kaki Gunung Rinjani menjadi atraksi yang sangat menarik, desa Senaru memiliki view yang luar biasa mengagumkan. Pemandangan dari ketinggian dengan view laut disebelah utara dan Nampak disebelah selatan menjulang Gunung Rinjani.

Juga desa di sebelah timur Gunung yang memiliki banyak air terjun tersebut, yaitu desa Sembahlun yang juga memiliki pemandangan sangat cantik dikelilingi oleh berbagai bukit setinggi 2000 meter lebih menjadikan desa yang kaya akan Bawang putih tersebut memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Surfing Spot

Kedatangan para surfer pada jaman akhir tahun 1960 an di Bali menjadikan wilayah Kuta menjadi sangat hidup dan berkembang , akomodasi yang sederhana banyak bertumbuhan dan kedatangan para surfer menjadikan kehidupan masyarakat setempat ikut terbantu. Dan biasanya destinasi para surfer tersebut memiliki view yang luar biasa , laut yang biru, suasana tenang dan natural. Destinasi para surferpun berkembang menjadi destinasi para turis biasa. Begitu juga dengan di Lombok . Destinasi para surfer di Bali saat ini menjadi destinasi alternatif bagi kita yang haus akan lokasi eksotik di Lombok seperti di

Selong belanak, Mawun, Banko banko, Alang alang, Gerupuk dan Ekas Bay
Hampir semua lokasi di wilayah selatan pulau Lombok , viewnya luar biasa ciamik
Anda seperti menemukan dunia baru, laut yang biru bergradasi, nuansa natural yang sangat kental, suasana tenang tidak seperti di senggigi atau Kuta di Bali.
Di Lombok destinasi para surfer akan memuaskan selera jelajah anda untuk menikmati alam yang masih murni.

Snorkeling dan Diving

Pulau Lombok saat ini sudah menjadi surga bagi para pecinta bawah laut. Terumbu karangnya relative lebih terjaga dan memiliki berbagai variasi species yang sangat unik dan indah seperti diwilayah Lombok bagian utara: Tiga Gili, Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan . Sedangkan di Gili Nanggu di dekat Pelabuhan Lembar, Lombok bagian barat saat ini menjadi destinasi unggulan untuk snorkeling .

Untuk menjelajahi pulau Lombok memang di butuhkan setidaknya 1 minggu berlibur disana, namun dengan waktu di weekend, diperlukan itinerary yang spesifik untuk menikmati Pulau tersebut

Aktifitas seperti berkunjung ke berbagai destinasi umum seperti ke senggigi, Banyu Mulek dan lain sebagainya juga dapat disisipi di itinerary anda. Sepertihalnya dengan Cycling dan Tribe.

diambil dari berbagai sumber di berbagai website

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s